Ocean Blue Shark Surfboard

Rabu, 19 Februari 2020

Pengertian Debat

Dalam kehidupan sehari-hari, debat merupakan pertentangan argumentasi untuk mendapatkan kemenangan oleh pihak tertentu yang ditandai dengan kelogisan argumentasi dan kejelasan fakta yang dikemukakannya. Debat umumnya terjadi terkait dengan isu-isu yang kontroversial atau mengundang pro dan kontra di masyarakat. Isu itu mendapat tanggapan sekurang-kurangnya dari dua belah pihak, yang kemudian ditanggapi dari berbagai sudut pandang dengan alasan-alasan yang mendukung atau yang tidak mendukung. Agar dapat dipahami orang lain, peserta debat harus menyampaikan argumentasinya dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Debat sering pula diperlombakan atau menjadi ajang di dalam pemilihan seorang pemimpin (presiden, gubernur, bupati, wali kota). Dengan kegiatan tersebut dapat diperoleh gambaran tentang penguasaan seseorang menyelesaikan masalah, berpikir kritis, kematangan seseorang di dalam berargumentasi, pengendalian emosi, dan kemampuan berkomunikasinya. Di dalam kegiatan tersebut, setiap peserta dapat berbicara secara bergiliran dalam menyampaikan isu ataupun di dalam menanggapinya.

Suatu perdebatan akan terjadi karena adanya isu atau masalah yang bersifat pro dan kontra. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan atau dipecahkan. Melalui suatu perdebatan, masalah-masalah itu diharapkan dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini karena perdebatan itu sendiri merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan menentukan suatu kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar